Friday, April 7, 2017

MAcam macam penyakit psoriasis penyakit kulit

Penyakit kulit tak menular yang dialami istri Caisar YKS, Indadari Mindrayanti, rupanya sudah terjadi sejak delapan tahun lalu. Psoriasis termasuk salah satu jenis penyakit kulit yang tak padang bulu, ini bisa terjadi pada pria dan wanita di segala usia.

Seperti istri Caisar, ia sudah mengalami psoriasis sejak delapan tahun lalu dan gejala yang ditimbulkan rupanya telah ia rasakan sejak usia kanak-kanak. Mengutip laman Mayo Clinic, Senin (6/2/2017) kebanyakan jenis psoriasis terjadi secara bertahap. Ia dapat melebar dalam beberapa minggu atau bulan, lalu mereda sewaktu-waktu. Namun, psoriasis bisa meradang kembali bahkan menghilang total.

BACA JUGA
Kenali 6 Kelainan pada Kuku yang Tidak Boleh Diabaikan
7 Penyebab Gatal di Selangkangan
Inilah Pemicu Munculnya Panu
Bercak merah pada kulit yang terlihat bersisik atau berkerak ini terbagi menjadi beberapa tipe. Berikut delapan tipe psoriasis yang harus Anda waspadai.

1. Psoriasis plak

Psoriasis ini adalah bentuk paling umum, ia akan membuat kulit nampak kering, berplak, dan bersisik. Plak yang timbul ini akan menyebabkan rasa sakit dan gatal. Psoriasis plak dapat terjadi pada jaringan lunak, termasuk pada alat kelamin dan sekitar mulut Anda.

2. Psoriasis kuku

Tipe psoriasis ini biasanya hadir di sekitar kuku kaki dan tangan. Biasanya ia terjadi di sekitar pinggir kuku yang dapat membuat kuku dan kulit terpisah. Bahkan pada kasus terparah, kuku bisa terlepas.

3. Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada kulit kepala muncul sebagai merah, gatal daerah dengan sisik putih keperakan. Daerah tersebut juga bisa memerah atau bersisik dan melampaui garis rambut.

4. Guttate psoriasis

Tipe penyakit kulit tak menular ini biasanya dipicu oleh infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Sebab psoriasis menjadi salah satu penyakit autoimun. Psoriasis jenis ini dapat terjadi pada lengan, kaki, dan kulit kepala.Obat Salep Penyakit Kulit Psoriasis Di Apotik

5. Inverse psoriasis

Tipe psoriasis ini umumnya terjadi pada kulit di ketiak, selangkangan, di bawah payudara dan di sekitar alat kelamin. Ia terlihat seperti bercak halus merah atau kulit yang meradang. Penyebab utama psoriasis ini semakin parah terjadi karena gesekan dan keringat.

6. Psoriasis pustular

Ia biasanya duduk pada tangan dan kaki atau ujung jari. Tipe psoriasis ini biasanya berkembang dengan cepat, kondisi terparah ia akan melepuh berisi nanah. Psoriasis ini juga dapat menyebabkan demam, menggigil, gatal parah dan diare.

7. Psoriasis eritroderma

Ini menjadi jenis yang paling tidak umum. Ia biasanya menutupi seluruh tubuh dan memerah, ruam, dan gatal atau seperti terbakar.

8. Psoriatic arthritis

Selain meradang, kulit bersisik, penyebab psoriasis arthritis akan mengubah warna dan bengkak diikuti dengan nyeri sendi yang khas dari arthritis.

No comments:

Post a Comment